Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) 2020

Dalam rangka meningkatkan kompetensi  kepala sekolah SD se kecamatan Karangtengah, pengawas TK/SD Kec. Karangtengah melaksanakan penilaian kinerja kepala sekolah yang dilaksanakan dari tanggal 9 Р21 November 2020. Pada tanggal 10 November 2020 jadwal PKKS bertempat di SDN 2 Ngambarsari yang beralamat di Dusun Sempu Desa Ngambarsari Kec. Karangtengah. Pelaksanaan PKKS dilakukan dengan tetap menjaga protokol Covid 19. Kegiatan  mengacu pada permendikbud no 6 tahun 2018 yang menjelaskan 4 kompetensi kepala sekolah yang harus di miliki oleh setiap kepala sekolah yaitu: Kompetensi Manajerial, Kompetensi Supervisi, Kompetensi Kewirausahaan dan Tugas Tambahan.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini di mulai dengan sambutan sekaligus prakata dari kepala sekolah SDN 2 Ngambarsari yang di sampaikan oleh Bp Sawardi, S. Pd di lanjutkan dengan prakata dari pengawas TK/ SD Kec. Karangtengah Bp Suwarmo, S. Pd. M. Pd. Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan supervisi di mulai dengan pengamatan dan pengecekan dokumen penunjang 4 kompetensi kepala sekolah yang meliputi manajerial, supervise, kewirausahaan dan tugas tambahan. Dilanjutkan dengan acara refleksi dari pengawas atas pengamatan dan pengecekan dokumen yang ada.

Beberapa catatan penting yang disampaikan oleh pengawas terkait hasil pengamatan hasil supervisi  diantaranya: Satu  Terimakasih EKTSP SDN 2 Ngambarsari sudah bisa diselesaikan dan mendapat pengesahan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Wonogiri, selanjutnya beberapa dokumen yang lain untuk segera di lengkapai sampai semuanya terpenuhi 1 tahun ajaran 2020/2021. Dua  literasi di masa pandemi untuk bisa dilanjtkan kembali, di susun programnya ada bukti dokumen pendukung. Tiga Pembiasaan/ karakter penanaman budi pekerti tetap di laksanakan di masa BDR dengan pemantauan lewat jurnal harian atau laporan. Empat Iklim sekolah di harapkan kondusif, hubungan yang baik antara Kepala Sekolah, guru dan karyawan, Siswa dan Orangtua siswa beserta lingkungan sekolah tetap terjaga. Lima prestasi sekolah di tingkatkan baik ditingkat Kecamatan, Kabupaten atau jenjang yang lebih tinggi lagi bahkan di tingkat Nasional. Enam Penguasaan IT di kembangkan baik itu guru yang PNS maupun GTT semuanya mempunyai peluang yang sama dalam penguasaan IT di era digitalisasi. Tujuh untuk yang PNS Hapak Tahunan segera di susun sesuai petunjuk yang ada dan bisa sesuai jadwal dari Dinsa Pendidikan dan Kebudayaan

Acara di akhiri dengan lain-lain yang salah satunya di isi dengan masukan dan keluhan dari guru dan karyawan dalam menunjang tugas dan fungsinya. Sebagai penutup kegiatan Bp Suwarmo, S. Pd. M. Pd mengingatkan kepala sekolah dan guru untuk tetap menjaga kondisi kesehatan di masa pandemi covid 19 dan tetap melaksanakan pembelajaran dengan baik walau masih masa BDR. Beliau memberikan apresiasi yang baik untuk SDN 2 untuk tetap maju dan terus berkembang sejalan dengan perkembangan zaman di era digitalisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *